Tinggalkan komentar

fungsi rekursif Post

Post

Dalam dunia pemrograman, rekursi diimplementasikan dalam sebuah fungsi yang memanggil dirinya sendiri.

Contoh fungsi rekursif misalnya adalah fungsi pangkat, faktorial, dan barisan fibonacci.

Dalam fungsi pangkat xy

Persamaan (2) di atas adalah contoh hubungan rekurens (recurrence relation), yang berarti bahwa nilai suatu fungsi dengan argumen tertentu bisa dihitung dari fungsi yang sama dengan argumen yang lebih kecil.

Aturan permainannya adalah semua piringan pada tonggak A akan dipindahkan ke tonggak C (dapat dengan melewati tonggak bantuan B), dengan ketentuan bahwa pemindahan piringan dilakukan satu per satu dan piringan yang lebih besar tidak boleh diletakan di atas.

 

Dalam contoh diatas, yang memanggil fungsi JUMLAH dengan mengirimkan argument berupa variable array c dan sebuah konstanta 5.

Perhatikan bahwa variable array ditulis hanya c tanpa notasi tambahan apapun. Deklarasi variable array yangfactorial(3) = 3*2*1. Oleh karena itu kondisi (n>1) juga disebut stop condition pada fungsi rekursif karena setelah n=1 fungsi factorial tidak lagi rekursif dan memberikan return value tertentu.


 

 

CONTOH FUNGSI REKURSIF

 

1. fungsi pangkat. Menghitung 10 pangkat n dengan menggunakan konsep rekursif;

 

2. Faktorial. 0! =1; N! = N X (N-1)! untuk N>0; Secara notasi pemrograman dapat dituliskan sebagai berikut tujuan permainan ini adalah memindahkan n buah balok dari tonggak asal A melalui tonggak bantu B menuju tonggak C. dengan aturan balok yang lebih kecil tidak boleh berada di bawah balok yang lebih besar

 

3. Mengakses Elemen Array. – Pada bahasa C, data array akan disimpan dalam memori pada. lokasi yang berurutan. – Elemen pertama mempunyai indeks bernilai 0. – Jika pada contoh variabel nilai_tes mempunyai 5 elemen, maka .. Pada pertemuan lalu, telah disinggung sedikit mengenai pengertian dan contoh penggunaan fungsi rekursif. Fungsi Rekursif merupakan proses perulangan dengan cara memanggil dirinya sendiri.

contoh ;

 

1. Cn= 2 Cn-1 + 1 jika Co =1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: